• REVIEW HIGHLIGHT PRODUSEN FILM ANIMASI DISNEY PIXAR




    Perkembangan industri film animasi semakin menakjubkan. Buktinya semakin merebaknya produsen-produsen film yang ada baik lingkup international maupun nasional yang saling menjajakkan hasil karyanya kepada dunia global saat ini. Pada awal perkembangannya, produksi film animasi mengalami berbagai step dan torehan inovasi yang semakin maju disetiap eranya. Dari model konsep produksi yang masih manual (tradisional) hingga yang melibatkan teknologi, seperti halnya pada era ini. Dari berbagai produsen film animasi yang ada pada dekade ini diantaranya ada Disney, Pixar, DreamWork, dan lain-lain, pastinya memiliki ciri khas ataupun inovasi yang berbeda-beda. Dan pada kali ini kami ingin mengulik tentang produsen film animasi Pixar dari berbagi sudut pandang (point of view) yang semoga dapat menambah wawasan kita sebagai pembuat, penikmat, pecinta film animasi.

                Tidak bisa dipungkiri ketika kita membahas, review highlight mengenai torehan sebuah film animasi. Seorang animator, story telling, mekanisme pembuatan, perancangan dan lain-lain menjadi faktor penting penunjang pembuatan film animasi. Pada kesempatan ini kita akan memberikan indikator-indikator dalam review hightlight pada film yang dibesut oleh Pixar, dari berbagai sisi. Sebelum itu alangkah lebih baiknya kita akan melihat sejarah singkat dari Pixar Animation Film.

                  Pixar Animation Studios, atau hanya Pixar, distilasi sebagai PIXAR) adalah sebuah studio animasi komputer Amerika Serikat yang berpusat di Emeryville, California. Studio ini terkenal karena CGI-film animasi yang dibuat dengan PhotoRealistic RenderMan, implementasi sendiri dari industri RenderManimage-rendering antarmuka pemrograman aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Pixar dimulai pada tahun 1979 sebagai Graphics Grup, bagian dari divisi komputer Lucasfilmsebelum nya keluar sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1986 yang dibiayai oleh Apple Inc. bersama salah seorang pendiri Steve Jobs, yang menjadi pemegang saham mayoritas.[1] The Walt Disney Company membeli Pixar pada tahun 2006 pada dengan $7.4 milyar, transaksi yang dilakukan pemegang saham terbesar Jobs Disney.

    STORY AND TWIGGER
    Ditinjau dari sisi cerita, dalam pembuatan film pixar memiliki, kalau boleh kami bilang semacam twigger, yaitu sesuatu yang gimik dan unik. Ada berbagai gimik (sesuatu) yang di selipkan disetiap film yang dirilis oleh pixar. Selain itu beraneka film yang diproduksi oleh pixar terkesan variatif, sehingga memunculkan kesan unik dan mengena bagi para penikmat film animasi dari berbagai kalangan.


    PRODUKSI FILM
    Dalam produksi filmnya, Pixar sudah berkomitmen dalam setiap pembuatan filmnya yaitu “one year one film” , Jadi dari team Pixar sudah menyepakati dan terhitung dari analisis dari film yang mereka buat, memang menunjukkan bahwa setiap tahunnya mereka hanya merilis satu film. Namun disisi lain kualitas filmnya pastinya berkualitas.Tak ayal mereka sering memenangkan best movie Box Office dan berbagai nominasi lainnya.

    DEDIKASI FILM
    Dedikasi film, maksud dari indikator ini. Dari berbagai film animasi yang diluncurkan oleh pixar, ada beberapa yang mereka buat untuk dipersembahkan kepada tokoh tertentu, yang menginspiratif atau berjasa besar dalam sejarah dan perkembangan film pixar. Diantaranya,
    Finding Nemo didedikasikan untuk Glenn McQueen (supervising animator Monsters Inc) yang meninggal akibat tumor melanoma pada Oktober 2002, tujuh bulan sebelum film ini dirilis.
    • Cars didedikasikan untuk Joe Ranft.
    • Wall-E didedikasikan untuk Justin Wright (1981-2008), animator Pixar yang ikut menggarap Ratatouille dan meninggal akibat serangan jantung sebelum film ini rilis.
    • Brave didedikasikan untuk Steve Jobs, salah satu pendiri Pixar yang meninggal dunia akibat kanker pancreas.
    Jadi memang pixar sangat menghargai akan reward terhadap elemen-elemen yang berjasa dalam perkembangannya.


    QUALITY ANIMATION
    Dalam hal detail picture, Pixar sangat memperhatikan sekali, karena ini menunjang minat para penikmat film dalam melihatnya, detail yang dimaksud ialah dari sisi pembuatan animasinya tergolong detail, meski tidak sedetail dreamwork yang memakan waktu lama dalam pembuatan setiap animasinya karena mengutamakan detail lebih dalam. Semisal sebuah benda yang ada di film dreamwork hampir semua bergerak (like futuristic), sedangkan Pixar tidak begitu detail melainkan tetap bagus juga.


    GRAFIK ANIMATION
    Dari sisi grafiknya, Pixar atau sekarang kita sebut Disney Pixar, menggunakan teknologi atau film bermodelkan 3D, Meski sebelumnya Disney yang terkenal akan pengembangannya di area film 2D. Sekarang sudah mulai beralih ke 3D. Dan menerapkan CGI dalam pembuatannya animasinya.


    TRIVIA (Tokoh yang dimunculkan)
    Trivia merupakan ciri khas dalam pembuatan film animasi pixar, yaitu sering menampilkan sisi tokoh yang berada pada film lain ditampilkan dengan sisi yang berbeda di film lain. Hal ini menjadi ciri khas unik, karena akan memunculkan (interesting) bagi para pemerhati film-film yang dirilis pixar. Selain itu dengan Trivia tersebut, Pixar mencoba untuk membuat para penikmat film-filmnya senantiasa mengingat besutan-besutan film terdahulunya dan memantik kesan unik sehingga banyak yang tertarik untuk melihatnya.

    Gambar tersebut adalah salah satu cuplikan adegan dalam Brave (2012). Jika kita perhatikan bagian yang diberi tanda kotak berwarna merah, tampak sepotong kayu yang terlukis sosok Sully, salah satu tokoh dalam Monsters University.(An ordinary man)

    Sumber Referensi :

    https://www.mindtalk.com/channel/kaskus/post/7-tradisi-unik-pixar-animation-studios-di-tiap-fil-510552603491623508.html
  • 0 komentar:

    Posting Komentar