• ANIMASI GUMUL (LANDMARK) DENGAN APLIKASI PROCESSING




    Assalamu'alaikum wr.wb.

          Selamat pagi sobat, berjumpa lagi dengan kami di situs i-santri.my.id.Kali ini kami ingin share mengenai "Cara Membuat Animasi Gumul dengan Aplikasi Processing". Sebelum kami share source codenya, mungkin rekan-rekan masih bingung mengenai apa itu Processing. Oleh karena itu, kami coba jelaskan secara singkat mengenai software pihak ketiga tersebut.

          Dalam dunia IT khususnya dalam hal junior design,  pasti mengenal namanya citra, grafik, dan gambar. Sebagai seorang designer, seseorang dituntut untuk bisa memahami, membedakan, dan mengimplementasikan mengenai ketiga hal dasar tersebut. Di karenakan untuk bisa lanjut ke dalam tahap implementasi, kita harus memantapkan terlebih dahulu mengenai konsep-konsep dasar desain. Setelah itu baru kita masuk ke tahap implementasi desain secara keseluruhan.
          
           Pada tahap inilah berkreasi dimulai, entah ingin membuat animasi 2D, 3D, mock up, sampling, effect, etc. Nah, salah satu software yang sering dipakai ialah Processing. .

              Processing merupakan software untuk membuat, mengolah, merubah grafik ( berupa titik-titik) menggunakan bahasa pemrograman entah itu C,C++, Java, etc. Yang berupa syntax-syntax.Kalau bahasa mudahnya yaitu membuat animasi, edit, tambah efek dengan menerapkan bahasa pemrograman.Entah itu menambahkan efek BLEND, membuat grafik, citra 3D, dan sebagainya.
    Berikut kami sajikan hasil contoh dan source code processing.

    //Copyright IT SANTRI
    //Syntax menambahkan font
    PFont kami;

    void setup()
    {
    size(3000,1280);
    smooth();
    noStroke();
    kami = loadFont("AGaramondPro-Italic-48.vlw");
    textFont(kami);

    }

    void draw ()

     
      textSize(48);
      text("x",25,90);
     
      textSize(48);
      text("y",25,90);
     
     
      textSize(48);
      text("z",1000,400);
     
      int d;
      d=second();
     
     
      int dx=0;
      String arah="kanan";
      frameRate(30);
       background(20,200,200);
     

    strokeWeight(0);
    stroke(0,0,0);
    //code rumput
    fill(34,139,87);
    rect(0,500,2000,500);

    //code lantai
    fill(220,220,220);
    quad(75,500, 670, 500, 700, 555, 55, 555);
    fill(220,220,220);
    quad(300,550, 450, 550, 500, 800, 250, 800);

    //code efek salju
    fill(255);
    ellipse(50,5+10*d,10,10);
    ellipse(50+10*d,5+10*2*d,10,10);
    ellipse(50,5+10*3*d,10,10);
    ellipse(100,0+10*d,20,20);
    ellipse(100,0+10*d*3,20,20);
    ellipse(100+5*d,0+10*d*2,20,20);
    ellipse(200-10*d,0+10*3*d,20,20);
    ellipse(200,0+10*d,20,20);
    ellipse(275+10*d,5+10*d,15,15);
    ellipse(275,0+10*d,15,15);
    ellipse(300,0+10*d,20,20);
    ellipse(350+10*d,0+10*2*d,20,20);
    ellipse(350,0+10*d,20,20);
    ellipse(350-10*d,0+10*d*2,20,20);
    ellipse(450-5*d,0+10*d,17.5,17.5);

    ellipse(50,30+10*d,10,10);

    ellipse(500,5+10*d,10,10);
    ellipse(500-10*d,5+10*d*3,10,10);
    ellipse(500,5+10*d*2,10,10);
    ellipse(600+10*d,0+10*d,20,20);
    ellipse(650,0+10*3*d,20,20);
    ellipse(675,0+10*d,20,20);
    ellipse(750+10*d,5+10*4*d,15,15);
    ellipse(800,0+10*d,15,15);
    ellipse(850,0+10*d,20,20);
    ellipse(850+10*d,0+10*d*3,20,20);
    ellipse(850-10*d,0+10*d*2,20,20);
    ellipse(875,0+10*2*d*3,20,20);
    ellipse(875-5*d,0+10*2*d,20,20);
    ellipse(900-5*d,0+10*d,17.5,17.5);
    ellipse(900+5*d,0+10*d*1,20,20);
    ellipse(900,0+10*d*3,20,20);



    // code membuat badan
    fill(255,222,173);
    rect(300,200,150,70);

    //code rumput tegak
    strokeWeight(3);


    fill(222,184,135);
    rect(300,270,11,280);
    rect(440,270,11,280);
    arc(375,270,150,110,(180*PI)/180,(360*PI)/180);
    fill(20,200,200);
    arc(375,290,130,110,(180*PI)/180,(360*PI)/180);

    //kiri

    fill(159,80,0);
    rect(105,200,140,305);
    rect(150,200,150,350);
    quad(90, 140, 380, 140, 380, 168, 100, 168);

    fill(159,80,0);
    stroke(255);
    rect(100,169,550,30);
    rect(145,460,160,5);
    rect(147,463,156,3);
    rect(145,263,160,5);
    rect(147,266,156,3);

    fill(255);
    rect(175,310,100,150);
    rect(160,210,130,50);

    fill(255,60,4);
    rect(175,470,100,50);

    //kanan
    fill(159,80,0);
    rect(505,200,140,305);
    rect(450,200,150,350);
    quad(90, 140, 660, 140, 650, 168, 100, 168);

    fill(159,80,0);
    stroke(255);

    rect(445,460,160,5);
    rect(447,463,156,3);
    rect(445,263,160,5);
    rect(447,266,156,3);

    fill(255);
    rect(475,310,100,150);
    rect(460,210,130,50);

    fill(255,60,4);
    rect(475,470,100,50);

    //atas
    fill(159,80,0);
    rect(100,15,40,10);
    rect(180,15,40,10);
    rect(260,15,40,10);
    rect(340,15,40,10);
    rect(430,15,40,10);
    rect(520,15,40,10);
    rect(610,15,40,10);


    rect(100,20,550,120);
    quad(90, 45, 660, 45, 650, 55, 100, 55);


    //ventilasi hitam
    fill(0);
    stroke(255);
    rect(110,90,10,40);
    rect(130,90,10,40);
    rect(150,90,10,40);
    rect(170,90,10,40);
    rect(190,90,10,40);
    rect(210,90,10,40);
    rect(230,90,10,40);
    rect(250,90,10,40);
    rect(270,90,10,40);
    rect(290,90,10,40);
    rect(310,90,10,40);
    rect(330,90,10,40);
    rect(350,90,10,40);
    rect(370,90,10,40);
    rect(390,90,10,40);
    rect(410,90,10,40);
    rect(430,90,10,40);
    rect(450,90,10,40);
    rect(470,90,10,40);
    rect(490,90,10,40);
    rect(510,90,10,40);
    rect(530,90,10,40);
    rect(550,90,10,40);
    rect(570,90,10,40);
    rect(590,90,10,40);
    rect(610,90,10,40);
    rect(630,90,10,40);



    //matahari
    fill(255,255,0);
    ellipse(d+1000,30,100,100);

    //batu
    fill(123);
    ellipse(1280,600,300,300);
    ellipse(1180,700,400,400);

    //orang
    //kepala
    ellipse(d+300,400,100,100);
    //mata kanan
    fill(0);
    ellipse(d+330,390,25,25);
    //mata kiri
    fill(0);
    ellipse(d+270,390,25,25);
    //hidung
    ellipse(d+300,420,15,10);
    //mulut

    //badan
    rect(d+260,450,80,140);
    //tangan kiri
    rect(d+230,450,40,70);
    //tangan kanan
    rect(d+330,450,40,70);
    //kaki kiri
    rect(d+260,550,40,70);
    //kaki kanan
    rect(d+300,550,40,70);
    //awan
    noStroke();
    noStroke();
    fill(255);
    ellipse(d+1000,140,80,40);
    ellipse(d+1030,130,80,75);
    ellipse(d+1060,140,80,40);

    //awan 2
    noStroke();
    noStroke();
    fill(255);
    ellipse(-d+1200,50,80,40);
    ellipse(-d+1230,40,80,75);
    ellipse(-d+1260,50,80,40);


    //awan3
    noStroke();
    noStroke();
    fill(255);

     }

    (Source code ini memiliki hak cipta dan sudah dipatenkan)

    Demikian, semoga bermanfaat 
             Wassalamu'alaikum wr.wb,

    "Jika engkau belum bisa menjadi penulis yang baik, setidaknya jadilah pembaca dan shareman yang bijak"
  • 0 komentar:

    Posting Komentar