• ANTISIPASI HOAX, MENGGUNAKAN APLIKASI HOAX BUSTER TOOLS


    Era digital memberikan suguhan menarik bagi manusia modern. Salah satu dampak dari digitalisasi ialah mudahnya informasi dan komunikasi dapat terjalin dengan cepat dan terbuka. Keterbukaan inilah yang mengakibatkan mekanisme dalam dunia digital perlu ditanamkan. 

    Orang mampu mengakses apapun dan dimanapun tanpa batasan. Disatu sisi memiliki dampak positif tapi juga memiliki dampak negatif. Salah satunya adalah hoaxs. Berita palsu ataupun fitnah, yang menyebabkan ketimpangan informasi pada masyarakat.

    Dari permasalahan tersebut MAFINDO yang merupakan organisasi resmi atau komunitas yang concern terhadap pemberantasan konten informasi negatif atau berita hoax. Meluncurkan sebuah Aplikasi berbasis Android. Yaitu Hoax Buster Tools. Prinsip kerja aplikasi ini ialah dengan melakukan checking, validating, connecting, dan verifing content. Yaitu melakukan pengecekan, verifikasi baik isi konten tulisan, gambar, dan sebagainya. 

    Mafindo juga sudah bekerja sama dengan beberapa media kredibel dan sosial media untuk menunjang kebutuhan sistem tersebut, Namun faktor cakupan ruang lingkup dan kapasitas aplikasi perlu diperluas kembali, disamping itu dari sisi user interfaces masih simple dan bisa ditingkatkan kembali dengan typografi maupun ux/ui yang mudah dikenali orang awam. Serta tingkat akurasi juga perlu ditingkatkan kembali. Silahkan mencoba aplikasi tersebut dengan klik link dibawah ini download 
  • 0 komentar:

    Posting Komentar