• Sejarah BUS PCI

    Assalamu’alaikum wr.wb.Kawan gimana kabarnya??,sudah lama tidak posting,beta mau berbagi ilmu ni bab BUS PCI disamping berbagi ilmu juga semoga bermanfaat untuk agan-agan sekalian.
    Apa sih PCI tuh?.....
    Pengertian PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang dicreate untuk menangani beberapa hardware. PCI juga terkenal dengan bandwidth yang tinggi, prosesor independent dalam bus  berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA.
    Fakta Sejarah?....
    Tau tidak kawan,Komputer dulu masih menggunakan ISA yang terkesan lamban. Oleh karena itu pada tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express.
    Kesimpulan
    PCI dirancang untuk mendukung bernacam-macam konfigurasi berbasis mikroprosesor, baik system mikroprosesor tunggal maupun banyak. PCI ini memanfaatkan sinkron danm pola arbitrasi tersentralisasi. System perintah-perintah yang ada di PCI biasanya aktivitas bus terjadi dalam bentuk transaksi sebuah inisiator,atau master,dengan sebuah target. Kertika memperoleh control bus, master bus menentukan jenis transaksi yang akan terjadi berikutnya. Untuk interrupt Acnowledge adalah sebuah perintah baca yang ditunjukkan bagi perangkat yang berfungsi sebagai pengontrol interrupt indetifier untuk dikembalikan.
    PCI 1.0 juni 1992, merupakan spesifikasi aslinya yang memiliki lebar bus 32 bit atau 64 bit.
    PCI 2.0 April 1993.Konektor dan papan ekspansi.
    PCI 2.1 Juni 1995 operasi 66MHz di berlakukan perubahan pada latencynya
    PCI 2.2 Januari 1999.Fitur manajement daya diaktifkan.
    PCI 2.3 Maret 2002.Pensinyalan 3.3 Volt.
    PCI X2.0 Juli 2003.Dukungan modus 266 MHz-533 MHz.
    Nah yang terbaru nie PCI Express 1.0 Juli 2002.transmisi serial kecepatan 2500 mb/s.
    ISA (Industry Standart Architechture)
    PC awal mempunyai bus dengan kecepatan 4.77 MHz dan lebar 8 bit yang dikenal dengan bus ISA 8 bit. Bus ini dipergunakan pada motherboard 8080 (computer XT) yang menggunakan mikroprosesor 8 bit. Slotnya memiliki 62 pin yang terbagi pada kedua sisinya.
    Sekarang ISA ini dikembangkan menjadi 16 bit dengan kecepatan 8 MHz, use to motherboard 80286 ke atas atau computer AT. Slot ISA 16 bit have 100 pin. ISA 8 bit kompatibel dengan ISA 16 bit, example monitor card 8 bit dapat dipasang pada slot ISA 16 bit.
    Pada tahun 1988, Compaq dan PC-clone  menandai pengembangan EISA (Extended ISA).  EISA merupakan hasil pengembangan dari ISA yang dirancang untuk menggunakan akses 32 bit. Umumnya dipergunakan pada komputer 486 yang menuntut kecepatan tinggi, misalnya server. Kemudian EISA dikembangkan menjadi VESA (Video Electronics Standard Association).
    PCI (Peripheral Component Interconnect)
    Berbeda dengan EISA PCI Lebih selangkah lebih maju gan.hehe.Setelah munculnya bus ISA yang mempunyai keterbatasan kecepatan dan jumlah bit, dikenalkan lagi bus EISA (Extended ISA), VESA (Video Electronics Standard Association). Because Releasenya mikroprosesor kecepatan tinggi seperti 486dan Pentium maka perlu  BUS dengan kecepatan tinggi, maka pada tahun 1990 Intel memperkenalkan bus PCI (Peripheral Component Interconnect).”Nah ni awal inti terkenalnya PCI BUS”
    PCI berbasis pada local bus yang cepat. Pada evolusinya, PCI diadopsi menjadi standar industri di bawah administrasi dari PCI Special Interest Group (PCI-SIG) yang kemudian definisi dari PCI diperluas menjadi konektor standa interface bus (slot) ekspansi.
    Awal mula PCI dibuat dengan lebar 32 bit yang standartnya berjalan pada 33MHz. Komputer yang modern mendukung PCI 64-bit 66MHz. Bus ini tertanam pada chipset north –bridge atau pada I/O controller hub. Diplacekan di motherboard sebagai slot 32-bit yang umumnya berwarna putih sebanyak 3 dan 6 slot dan banyak digunakan oleh peripheral komputer yang membutuhkan kecepatan tinggi misalnya SCSI, kartu jaringan (Network Interface Card, NIC), dan lain-lain.
    PCI mempunyai interface sebesar 64 bit dan mengimpelentasikan lebar jalur 32 bit untuk bus data dan alamat (AD[31:0]) (bandingkan dengan ISA ,16 bit). PCI ialah bus dengan arsitektur sinkronous, yakni bus dimana semua transfer data dijalankan secara relatif bersamaan terhadap pulsa detak sistem. PCI yang sekarang, spesifikasinya diperluas untuk mendukung operasi pada 133 MHz, namun yang banyak digunakan komputer sekarang tetap 33 MHz.
    PCI mendukung mekanisme auto-configuration dimana setiap piranti PCI terdapat sekelompok register konfigurasi yang memungkinkan identifikasi/pengenalan akan jenis piranti seperti SCSI , Video, Ethernet dan lainnya. PCI mendukung pemakaian tegangan 5 V dan 3.3 Volt. Namun pin tegangan 3.3 Volt baru dihubungkan ke slot PCI pada komputer keluaran terakhir. PCI local bus adalah independen, dapat digunakan pada berbagai mikroprosesor, bukan hanya pada prosesor INTEL.

    USB (Universal Serial Bus)
    USB atau singkatan dari Universal Serial Bus adalah sebuah jalur koneksi serial elektronik yang diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan device eksternal.
    USB merupakan teknologi standard bus Serial untuk interface socket.
    Pada awalnya USB diciptakan untuk menghubungkan Smart Phone dengan Personal Computer (PC), namun pada akhirnya penggunaannya berkembang bahkan sampai kepada device seperti mouse, printer, speaker,MP3 player, dll.
    Awal kemunculan USB yaitu sekitar tahun 1995 hingga 1996, USB 1.0 yang ditawarkan kepada pengguna adalah pada kadar kecepatan hanya 1.5Mbit sesaat (kecepatan-rendah) dan 12Mbit/detik untuk kecepatan tinggi.
    Kemudian muncul pula USB 2.0 pada April 2000 yang memperkenalkan kecepatan 480Mbit/detik (kecepatan tinggi) untuk pemindahan data. Ini merupakan teknologi yang banyak kita gunakan masa kini.
    Teknologi USB yang paling digemari adalah teknologi USB flash drive. Sebuah teknologi memory yang benar-benar ada karena kebutuhan pasar. Dengan kapasitasnya yang besar, ukuran yang kecil, serta kecepatan yang baik, USB Flash drive banyak diminati oleh masyarakat. USB Flash drive berfungsi sebagai media penyimpanan yang portable. Walaupun tidak sebesar external hard drive tetapi dengan ukurannya yang kecil,teknologi ini menjadi semakin banyak peminatnya.
    Bayangkan bagaimana keadaaan apabila teknologi USB 3.0 lebih kenceng gan…10x lipatnya
    AGP (Accelerated Graphics Port)
    AGP 1.0 dirilis pada Juli 1996 oleh Intel dalam
    Chipset Intel 440.
    Kecepatan 66MHz
    tegangan 3.3 Volt. Sedangkan
    maksimum troughput-nya adalah 266 MByte/detik.
    kecepatan dan maksimum troughput dua kali dari yang 1x (133 MHz dan 533 MByte/detik) dengan tegangan yang sama.
    AGP versi 2.0 dirilis Mei 1998 dengan tambahan kemampuan pensinyalan 4x dan
    Tegangan kerja 1.5Volt
    Kecepatan dan maksimum troughput dua kali AGP 2x. Slot untuk AGP 1x/2x berbeda dengan slot AGP 4x, dimana pada AGP 4x tidak terdapat pembagi di tengah slot ( sebagai key notch ).
    Lalu pada November 2000, kemampuan pensinyalan AGP bertambah lagi menjadi 8x. kecepatan dua kali dari AGP sebelumnya.
    tegangan 1.5 Volt.
    Nah pada AGP adalah bus cepat 32 bit yang khusus untuk kartu grafis / video. Berjalan pada kecepatan 66MHz (AGP 1x),133MHz (AGP 2x), 266 MHz (AGP 4x), atau 533MHz (AGP 8x) yang akan menghasilkan bandwidth hingga sebesar 2,133MB/det. AGP di hubungkan ke north-bridge atau memori controller hub pada chipset dan konektornya pada motherboard yang diwujudkan dalam bentuk slot AGP pada system yang mendukungnya, umumnya berwarna coklat.
    Fungsi Card yang lain. AGP didesain untuk motherboard Pentium II ke atas, AGP dianggap mampu bekerja 4 kali lebih cepat dibandingkan bus PCI yang menggunakan pipelining. Bus ini dibuat oleh intel sebagai bus yang didisain khusus untuk aplikasi video dan grafis.
    Karena kelebihan inilah AGP mampu membuat frame rate lebih bagus dan menampilkan grafik 3D yang lebih realistis.
    PCI Express
    Release teknologi baru Mulai tahun 2006 AGP mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI x16 yang dapat mentansfer data hingga 4000 Mbyte/detik atau hampir dua kali lebih cepat dibanding AGP 8x dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (800 mV)
    Selain kelebihan di atas, PCI Express membolehkan prosesor berkomunikasi dengan bus-bus yang memiliki akses dengan perangkat eksternal melalui chioset. Perangkat itu dapat terhubung melalui card SVGA, sound card, NIC, port USB, fireware, atau card I/O internal lainnya.
    Sama seperti AGP, slot ini untuk sementara banyak digunakan untuk Video Cards (VGA) dan belum digunakan untuk fungsi Card yang lain.
    Kelebihan yang paling menarik dari PCI Express x16 yakni
    mampu menanggulangi crash atau benturan pada saat mengolah image dan video sehingga output yang dihasilkannya pun lebih berkualitas. Nilai Frekwensi auto default (kecepatan transmisi) untuk PCI Express adalah 100 MHz. Bandwidth PCI Express 16x bisa mencapai 8GB/s.
    Referensi
    https://ranzhapurka.wordpress.com/2009/11/20/sejarah-perkembangan-bus/
    http://edybillstephen.ilearning.me/2014/02/19/pengertian-pci-peripheral-component-interconnect/
  • 0 komentar:

    Posting Komentar